FB   TWITTER   G+   LINKEDIN   YOUTUBE

Pertumbuhan Printer Laser Terus Meningkat

Posted by : ORIMAX

Pertumbuhan Printer Laser Terus Meningkat
Pertumbuhan Printer Laser Terus Meningkat

Tren penggunaan printer di tanah air kini sudah mulai beralih dari printer tinta (inkjet) menjadi printer laser. Penggunaan tren printer laser ini pun sudah mulai digunakan di segmen pasar usaha kecil menengah (UKM). Mengutip data dari IDC, pertumbuhan pasar printer laser di Indonesia di tahun ini diprediksi naik 17,09 persen dari 208.428 unit menjadi 244.041 unit. Sedangkan pasar printer inkjet diperkirakan hanya akan naik 4,89 persen dari 2.201.081 unit menjadi 2.308.688 unit. 

Pertumbuhan yang paling pesat terjadi pada sektor usaha kecil dan menengah (UKM) yang disebabkan oleh tiga faktor. Ketiga faktor tersebut adalah pertimbangan mengenai biaya, kemudian performa printer laser yang lebih baik, dan yang terakhir adalah kepuasan hasil dari printer laser itu sendiri. UKM saat ini dipandang sudah semakin terbiasa dengan pemanfaatan teknologi informasi tanpa melihat lagi faktor biaya pembelian awal. Mereka justru sudah lebih terfokus pada segi pembiayaan total, dimana dengan pola seperti itu, UKM dapat mengurangi biaya mencetak hingga 60 persen. 


Dari segi penampilan dan performa printer laser sendiri mampu diandalkan. Printer laser sendiri dapat menghasilkan cetakan lebih cepat dan lebih bisa diandalkan dengan hasil cetak yang lebih baik. Kemudian, faktor lain yang tak kalah penting adalah, UKM disebut-sebut akan mendapatkan kenyamanan dan ketenangan dari sisi performa tanpa harus mengkhawatirkan kualitas dan kecepatan dari pencetakan (peace of mind). Karena seperti yang kita ketahui printer laser (laserjet) mampu mencetak dokumen yang sangat banyak dalam sekali perintah dengan cepat, yang jauh lebih cepat dan lebih baik dari printer inkjet. Selama ini, pengguna terutama masyarakat Indonesia hanya berpikir jangka pendek dalam membeli printer terutama masalah harga. Padahal jika dilihat dari segi biaya kepemilikan printer total, pengguna, terutama UKM di tanah air bisa mengurangi biaya mencetak hingga 60 persen.


Sebuah contoh dari Fuji Xerox, pengguna printer inkjet akan menghabiskan biaya rata-rata $ 3.709 setahun dibanding $1.607 setahun untuk pengguna printer laser. keinginan masyarakat Indonesia terhadap printer laser ini dinilai masih rendah dibanding masyarakat Vietnam. Padahal tingkat pertumbuhan ekonomi masyarakat Indonesia dinilai lebih baik dibanding masyarakat Vietnam. Sebagai contoh, masyarakat Vietnam lebih cenderung menggunakan printer laser sekitar 95 persen dibandingkan penggunaan printer inkjet sebesar 5 persen. Kecenderungannya, masyarakat Indonesia akan mengarah ke printer laser.*


Semakin berkembangnya penggunaan printer laser tentu saja membuat kebutuhan cartridge semakin tinggi untuk memenuhi kebutuhan cetak berbagai institusi pemerintah dan swasta dari berbagai bidang. Sebuah printer laser yang high quality tentu saja akan membutuhkan cartridge printer laser yang high quality pula yang mendukuang kualitas cetak dan kecepatan cetak laser printer yang dibuat oleh pihak yang berpengalaman dan fokus pada kualitas cartridge laser printer yang baik. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, ORIMAX hadir sebagai pilihan utama masyarakat untuk kebutuhan cartridge printer laser yang cocok dan aman digunakan untuk berbagai macam merk printer laser. 


*Sumber : http://tekno.kompas.com




BACA BERITA LAINNYA
DAFTARKAN EMAIL KAMU
UNTUK PROMO & BERITA TERBARU



CUSTOMER SERVICE

Whatsapp : 0853 2573 3133
Call : (0271) 644268
Email : customerservice@orimax.co.id

HEAD OFFICE

PT. Aston Graphindo Indonesia
Jl. Ir. Juanda No. 302, Surakarta,
Jawa Tengah, Indonesia 57125