FB   TWITTER   G+   LINKEDIN   YOUTUBE

Faktor Yang Mempengaruhi Kapasitas Cetak Toner Cartridge

Posted by : ORIMAX

Faktor Yang Mempengaruhi Kapasitas Cetak Toner Cartridge
Faktor Yang Mempengaruhi Kapasitas Cetak Toner Cartridge

Pada toner cartridge printer laser bawaan pabrik (OEM) maupun toner cartridge compatible baru siap pakai seperti produk ORIMAX, biasanya ditemukan keterangan mengenai kapasitas cetak toner atau page yields masing-masing cartridge setiap printer laser. Ada yang memiliki kapasitas hingga 1.500 halaman, 3.000 halaman, bahkan ada yang 12.000 halaman. Angka tersebut biasanya dibuat dengan asumsi dasar rata-rata mencetak dengan coverage area cetak 5% pada printer. Terkadang konsumen bisa mendapati kapasitas toner cartridge nya di bawah dari page yield yang tercantum, atau bahkan tidak sedikit yang mendapati jumlah yang dicetak melebihi kapasitas cetak cartridge yang digunakan. Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kapasitas cetak toner cartridge, diantaranya yaitu :
 
 
File Yang Dicetak
Komposisi maupun isi dokumen yang dicetak dengan sebuah printer laser, baik itu warna maupun monokrom sangat mempengaruhi kapasitas cetak toner. Jika pengguna mencetak dokumen full paragraph dengan font yang semua di bold, tentu akan berbeda dengan yang tanpa di bold. Atau sebuah dokumen dengan huruf berbagai warna, tentu toner yang terpakai akan berbeda jika mencetak dokumen yang berisi perpaduan paragraph dan gambar berwarna ataupun untuk full gambar saja. Page yield pada toner printer laser ditentukan dengan asumsi dasar rata-rata mencetak dengan coverage area cetak 5% pada printer. Komposisi area cetaknya kurang lebih seperti sebuah surat penawaran resmi atau surat resmi yang biasa digunakan kalangan kantoran.
 

 
Berhenti dan Mulai Mencetak
Setiap kali pekerjaan cetak dimulai ada beberapa rotasi sistem pencetakan sebelum dan sesudah pencetakan terjadi. Rotasi ini menggunakan semua komponen dalam sistem pencetakan, termasuk toner, sehingga dapat mempengaruhi kapasitas tonernya.
 
Pilihan Mode Cetak dan Pengaturan Densitas.
Pengaturan atau setting mode cetak juga dapat mempengaruhi berapa banyak toner yang digunakan untuk mencetak foto atau dokumen.  Ada dua pengaturan yang disediakan dalam printer, yaitu mode cetak dan pengaturan kerapatan gambar (Density). Secara umum untuk mode cetak, "Draft" mode memberikan kualitas cetak yang rendah dan menggunakan toner lebih sedikit dibandingkan mode "Normal". Pengaturan Density dapat disesuaikan dari Level 1 sampai 5, dengan Angka "3" Atau pengaturan light, lightness, dan seterusnya sebagai default / standartnya. 
 
Kondisi Lingkungan
Produsen printer laser dan toner merancang sistem pencetakan untuk memberikan kualitas cetak yang dapat diandalkan untuk mencetak pada berbagai lingkungan, tetapi beberapa kondisi lingkungan dapat menyebabkan sistem untuk menggunakan lebih atau kurang toner, yang berdampak pada Pageyield. Contoh: Kondisi lingkungan yang sangat lembab dapat menyebabkan hasil cetak menurun.

Alienation
Pada printer Laser warna, ada mode khusus yang melepaskan toner cartridge warna dari sistem ketika hanya mencetak dokumen hitam putih (monokrom). Ini disebut "Alienation". Tergantung pada frekuensi pencetakan dokumen monokrom dan warna yang dikirim ke printer, sistem "Alienation" ini memberikan kecepatan cetak yang lebih cepat akibat Cartridge warna yang tidak ber-rotasi pada saat mencetak Mono, hal ini dapat mempengaruhi masa pakai Cartridge warna karena keausan meningkat pada cartridge daripada penggunaan toner.

Toner pada cartridge juga digunakan sebagai pelumas (Lubrication) 
Dalam proses pencetakan, ada sistem di mana jumlah yang sangat kecil dari toner digunakan untuk area lubrication. Hubungana antara Cleaning Blade pada PC (PhotoConductor) pada sistem transfer memerlukan toner untuk mengurangi gesekan dan meningkatkan daya tahan Cartridge ini. Penggunaan sedikti toner ini juga diperhitungkan ketika melakukan pengujian ISO Pageyield.

Underprinting
Untuk meningkatkan "Warna Hitam Pekat/Solid" secara keseluruhan, biasanya produsen printer dan toner menggunakan beberapa toner warna bersama dengan toner hitam untuk menghasilkan warna hitam pekat pada sebuah halaman cetak, hal ini dilakukan untuk memberikan kualitas cetak tertinggi (Best Mode, Best Quality, atau semacamnya).

Composite Black 
Untuk cetak gambar dan foto hitam putih, perpaduan warna yang disebut "komposit hitam" dapat digunakan untuk mencapai kualitas gambar secara lebih baik dan warna abu-abu halus dapat terlihat dengan penggunaan toner warna hitam. Bagi pengguna yang ingin mencetak foto menggunakan hanya toner hitam, banyak printer HP Laser warna  memberikan opsi untuk mencetak hanya menggunakan warna hitam. Misalnya, dengan memilih "Grayscale Printing".

Pencetakan Duplex 
Mencetak pada kedua sisi halaman kertas secara otomatis, halaman kertas harus menempuh jarak yang lebih jauh sementara mencetak sisi halaman yang dibalik. Hal ini dapat menyebabkan lebih banyak rotasi pada system dan keausan mekanis pada cartridge yang menyebabkan pengurangan masa pakai cartridge dan pageyield serta pemakaian toner yang lebih pada saat menggunakan auto duplex printing. Meskipun demikian, dengan mode ini jumlah kertas yang digunakan menjadi lebih hemat.  
 
Sumber : Quality Control Orimax & HP Blog




BACA BERITA LAINNYA
DAFTARKAN EMAIL KAMU
UNTUK PROMO & BERITA TERBARU



CUSTOMER SERVICE

Whatsapp : 0853 2573 3133
Call : (0271) 644268
Email : customerservice@orimax.co.id

HEAD OFFICE

PT. Aston Graphindo Indonesia
Jl. Ir. Juanda No. 302, Surakarta,
Jawa Tengah, Indonesia 57125