FB   TWITTER   G+   LINKEDIN   YOUTUBE

Automatic Document Feeder Pada Printer

Posted by : ORIMAX

Automatic Document Feeder Pada Printer
Automatic Document Feeder Pada Printer

ADF atau Automatic Document Feeder biasanya terdapat pada printer multifungsi baik itu inkjet maupun laser yang memiliki fitur print, scan, copy, dan fax, yang biasanya terletak di bagian atas printer. ADF atau Automatic Document Feeder merupakan sebuah perangkat yang biasanya terdapat pada mesin cetak yang akan membantu proses scan, copy, dan fax multiple dokumen secara otomatis. Jika biasanya Anda ingin memindai atau mengcopy sebuah dokumen yang cukup banyak namun harus memasukkan dokumen tersebut satu persatu ke bagian scanner flatbed pada printer maka dengan ADF akan sangat membantu ketika Anda ingin memindai, copy/salin, atau mengirim fax lewat printer dengan jumlah dokumen yang cukup banyak tanpa perlu memasukkan dokumen satu persatu ke printer.

Bisa dikatakan, pada perkembangannya ADF atau Automatic Document Feeder merupakan salah satu bagian dari pengembangan perangkat pemindai atau scanner pada printer. Bila dikelompokkan berdasarkan cara memasukkan kertas, pemindai terdiri atas 2 jenis, yaitu : scanner/pemindai tipe flatbed dan ADF. Pemindai flatbed biasa ditemukan pada printer laser multifungsi yang berupa sensor dan lempengan kaca yang terletak di dalam printer. Pada pemindai gambar tipe Flatbed, kertas diletakkan di atas kaca pemindai, kemudian lampu dan sensor pemindai akan bergerak menyusuri kertas tersebut untuk memperoleh gambarnya.

Sedangkan pada pemindai/scanner gambar dengan Automatic Document Feeder (ADF), kertas diletakkan pada baki/tray, lalu satu per satu kertas akan dimasukkan oleh bagian mekanik pemindai dengan adanya pad assy dan roller. Pada saat kertas bergerak di atas lampu pemindai, sensor pemindai bekerja untuk memperoleh gambar yang merepresentasikan kertas tersebut. Keunggulan pemindai Automatic Document Feeder (ADF) adalah :

  • kecepatannya cukup tinggi, katanya bahkan ada yang dapat mencapai > 10.000 lembar/ jam
  • ada yang dapat membaca dua sisi kertas sekaligus pada saat yang bersamaan atau biasa disebut DADF atau Duplex Plus Automatic Document Feeder .
  • dengan imprinter, pemindai dapat memberikan tanda pada lembaran yang telah dipindai
  • sangat tepat dipasangkan dengan perangkat lunak berteknologi Digital Mark Reader serta untuk pengarsipan dan manajemen dokumen

Jika Anda memiliki atau menggunakan printer A3 multifungsi akan sangat mudah jika ingin memindai kertas berukuran A3, A4,atau F4 baik menggunakan scanner flatbed maupun ADF. Namun jika yang Anda hanya memiliki atau menggunakan printer multifungsi A4 dan ingin memindai dokumen berukuran F4 hal ini akan sedikit sulit. Karena rata-rata printer multifungsi A4 menggunakan scanner jenis flatbed yang hanya bisa memindai kertas berukuran maksimal A4.

 

ADF  

Oleh karena itu, ADF akan menjadi perangakat yang sangat membantu ketika memindai atau scan kertas berukuran F4. Hampir semua printer multifungsi A4 yang dilengkapi ADF bisa memindai kertas F4 atau folio, yang biasanya tak bisa ditangani oleh scanner flatbed pada printer multifungsi A4. Meskipun ada beberapa kasus, seri printer multifungsi A4 yg memiliki ADF namun tak bisa scan kertas F4. Jadi pastikan dulu sebelum membeli printer, apakah Anda memang membutuhkan fitur ADF atau tidak.

Baca juga :

Istilah umum pada printer laser




BACA BERITA LAINNYA
DAFTARKAN EMAIL KAMU
UNTUK PROMO & BERITA TERBARU



CUSTOMER SERVICE

Whatsapp : 0853 2573 3133
Call : (0271) 644268
Email : customerservice@orimax.co.id

HEAD OFFICE

PT. Aston Graphindo Indonesia
Jl. Ir. Juanda No. 302, Surakarta,
Jawa Tengah, Indonesia 57125