FB   TWITTER   G+   LINKEDIN   YOUTUBE

Tidak Percaya pada Produk Dalam Negeri

Posted by : ORIMAX

Tidak Percaya pada Produk Dalam Negeri
Tidak Percaya pada Produk Dalam Negeri

Peningkatan penggunaan produk dalam negeri yang diinisiasi Kementerian Perindustrian, Cuma kencang terdengar di telinga sebagai slogan. Fakta lapangan, program peningkatan penggunaan produk anak bangsa yang dicanangkan sejak tujuh tahun lalu itu, khususnya berkaitan pengadaan barang dan jasa pemerintah ternyata belum optimal. Sumber masalahnya bermuara dari ketidakseriusan sejumlah instansi pemerintah dalam menunjukkan komitmen untuk menggunakan produk dalam negeri.
 
Dari hasil evaluasi Sekretariat Tim Nasional Peningkatan Penggunaan Produksi Dalam Negeri (P3DN), terungkap bahwa implementasi program tersebut terganjal oleh regulasi yang tidak mendukung mekanisme pelelangan untuk berbagai sektor dengan kelompok barang dan jasa yang beragam pada setiap instansi pemerintah. Di satu sisi, pemerintah dengan tegas menyuarakan agar produk dalam negeri menjadi tuan rumah di negeri sendiri, tetapi di sisi lain keran impor terus dibuka sehingga berbagai produk dari luar negeri mengalir deras ke pasar domestik, yang menggusur produk dalam negeri. Faktanya, kinerja neraca perdagangan 2012 mencatat defisit di mana nilai impor tercatat USD191,67 miliar dan ekspor USD190,04 miliar sehingga terjadi defisit sebesar USD1,63 miliar.
 
 
Mengapa penggunaan produk dalam negeri belum optimal. Apakah karena kualitas produk dalam negeri tak bisa diandalkan? Barangkali masalahnya bukan di situ, sebab fakta lapangan membuktikan tidak semua produk impor memiliki kualitas yang baik. Sebaliknya, meski masih dihitung jari, sudah beberapa produk Indonesia berjaya di negeri orang. Karena itu, yang harus dikoreksi adalah kebijakan pemerintah yang benar-benar berpihak pada produk dalam negeri, terutama berkaitan dengan pengadaan barang dan jasa pada instansi pemerintah sendiri. Kalau pemerintah saja enggan memakai produk dalam negeri, lalu mengapa masyarakat harus dipaksa?
 
Dalam sudut pandang yang berbeda memang harus diakui tidak semua produk Indonesia itu bagus karena mungkin juga ketika dikecewakan dengan produk dalam negeri terkesan kapok padahal belum tentu juga produk yang lain itu berkualitas buruk. Hal inilah yang kami (Orimax) alami selama ini karena kami sangat yakin produk kami sudah bagus telah melalui berbagai hal dan perbaikan namun tantangan kami adalah ketika konsumen telah kecewa dengan produk lokal lainnya bagaimana harus meyakinkan mereka bahwa produk kami adalah produk Indonesia yang berbeda dan memiliki nilai jual lebih. Disisi lainnya dukungan pemerintah untuk produk Indonesia memang masih belum optimal, untuk masuk pasar ekatalog regulasinya masih rumit, pembuatan TKDN yang masih birokrat hal inilah yang menghambat produk Indonesia sulit berkembang secara signifikan. Terobosan dan kebijakan yang mensupport produk dalam negeri harus digencarkan demi semangat perekonomian berkembang pesat. Karena yang dibutuhkan produk-produk dalam negeri adalah support secara nyata tidak hanya slogan kencang terdengar.
 
Dukung terus produk dalam negeri, Bersama kita bisa!
 
kutipan : kemenperin
 
 




DAFTARKAN EMAIL KAMU
UNTUK PROMO & BERITA TERBARU



CUSTOMER SERVICE

Whatsapp : 0853 2573 3133
Call : (0271) 644268
Email : customerservice@orimax.co.id

HEAD OFFICE

PT. Aston Graphindo Indonesia
Jl. Ir. Juanda No. 302, Surakarta,
Jawa Tengah, Indonesia 57125