FB   TWITTER   G+   LINKEDIN   YOUTUBE

Tentang yang namanya Sales Leadership

Posted by : ORIMAX

Tentang yang namanya Sales Leadership
Tentang yang namanya Sales Leadership

Hampir setiap kali bertemu dengan seorang sales leader (supervisor, sales manager, sales director, dan lain-lain). Mereka memulai karier di dunia sales sebagai salesman. Relatif berbeda dengan dunia marketing, seorang yang mempunyai nilai akademik baik dan memiliki potensi bisa langsung menjadi manajer marketing. Di dunia sales hal seperti itu sangat jarang terjadi, peluang besar untuk naik jabatan sebagai sales leader atau sales manager relatif berdasarkan pada sales skills dan leadership.


Penelitian dari Wellins dkk. (2004) mengenai sales leadership mengungkap bahwa, dua per tiga direktur sales mengatakan sumber dari kegagalan adalah buruknya “sales leadership dan coaching skills”. Sales leadership yang lemah menyebabkan buruknya produktivitas salesman dan merusak moral salesman. Hal ini menjadi akar penyebab tingginya jumlah salesman yang pindah ke perusahaan lain. Hal yang lebih mengejutkan lagi, Penelitian dari Wellins dkk juga mengungkapkan bahwa 40% dari sales leader ternyata tidak memenuhi harapan. Oleh karena itu, ada baiknya anda menyimak mengenai tingkatan sales leadership berikut :

Seseorang bisa tumbuh dari seorang sales leader bintang satu hingga menjadi sales leader bintang lima asalkan dia mau belajar dan berproses menjadi sales leader bintang lima. Kepemimpinan dalam dunia sales didapat dari 5P (posisi, penghargaan, prestasi, pengembangan SDM, dan pengajaran).

 

  • Sales Leader Bintang Satu – Kepemimpinan dari Posisi

Posisi ini adalah posisi paling dasar dalam sales leadership. Pada tingkat ini, orang mengikuti pemimpin karena mereka “harus” mengikutinya. Kemampuan memimpin bergantung hanya pada posisi/pangkat. Untuk bisa menjadi sales leader bintang satu yang efektif, kenalilah lingkup pekerjaan. Anda juga perlu mengetahui kekuatan, kelemahan dan kepribadian setiap salesman (sales personality). Tantang setiap anak buah dengan tugas yang menarik dan menantang.

 

  • Sales Leader Bintang Dua – Kepemimpinan dari Penghargaan

Pada tingkat ini anak buah mengikuti pemimpin karena mereka memang ingin mengikutinya. Kunci dari kepemimpinan bintang dua adalah bawahan menginginkan si pemimpin peduli pada permasalahan mereka, sebelum mereka peduli pada hal yang jadi permasalahan si pemimpin. Orang akan melihat pemimpin ini sebagai seorang partner profesional, berbagi tujuan yang sama dan menghadapi tantangan dan rintangan bersama di sepanjang jalan. Ralph Waldo Emerson berkata, “Manusia dihargai hanya ketika dia menghargai orang lain.” Salesman mengukur kemampuan si sales leader dari kemampuannya memberikan ide dan solusi. Jadi, meeting penjualan setiap minggu harusnya selalu membahas, “Masalah apa yang tengah kalian hadapi dan bagaimana saya bisa membantu?”

  • Sales Leader Bintang Tiga – Kepemimpinan dari Prestasi

Pada tingkat kepemimpinan ini, orang mengikuti si pemimpin karena prestasinya di perusahaan. Bawahan kagum pada prestasi serta keuletan si pemimpin. Tingkatan ini sudah dekat dengan kepemimpinan yang karismatik. Sales leader menjadi panutan. Pidatonya sangat inspiratif. Para bawahan selalu menunggu setiap kata bijak yang keluar dari mulutnya. Kesuksesan menjadi contoh yang bisa menginspirasi bawahannya.
Kunci untuk menjadi sales leader bintang tiga ini adalah keberhasilan tim untuk mencapai sasaran yang direncanakan bersama. Kepemimpinan prestasi ini dibuat dengan cara membangun kekaguman pengikut-pengikutnya berdasarkan keberhasilan mengeksekusi tugas-tugas anggota tim dan memberikan hasil yang optimal.

  • Sales Leader Bintang Empat – Kepemimpinan dari Pengembangan SDM

Sales leader di tingkat ini tidak hanya melihat para salesman sebagai orang-orang yang mampu mencapai target, melainkan sebagai orang yang mempunyai potensi sangat besar dan dapat dikembangkan. Sales leader menginginkan anak buahnya semakin baik dan mencapai level performa yang lebih tinggi bahkan menjadi sales manager dan sales leader seperti dirinya.

  • Sales Leader Bintang Lima – Kepemimpinan dari Pengajaran

Tingkat kepemimpinan ini adalah tingkat yang paling sulit. Tercatat hanya kurang dari 5% yang mampu mencapai tingkat tersebut (Nowakoski dkk, 2004). Pada tingkat ini orang-orang mengikuti pemimpin karena pengajarannya yang luar biasa. Orang akan tetap mencari pemimpin ini walaupun yang bersangkutan keluar dari perusahaan, karena dia sudah meninggalkan memori luar biasa pada organisasi dan karyawan. Kunci untuk mencapai tingkat ini adalah :

  1. Membimbing dan mengajari
  2. Memberi inspirasi
  3. Bertanggung jawab dan mengapresiasi hasil kerja tim
  4. Mampu meningkatkan kualitas anak buah.

Semua kriteria diatas adalah tentang “melayani”. Sales leader yang hebat “melayani” timnya. Walaupun kelihatannya seorang sales leader adalah orang yang memimpin di depan, kenyataannya seorang sales leader adalah orang yang peduli dan mau meluangkan waktu untuk membina semua bawahan yang berada dalam tanggung jawabnya. Hal ini tak hanya membutuhkan kemampuan, pengetahuan, waktu dan tenaga, tapi juga memerlukan “hati”.

Sumber : http://www.marketing.co.id






 




DAFTARKAN EMAIL KAMU
UNTUK PROMO & BERITA TERBARU



CUSTOMER SERVICE

Whatsapp : 0853 2573 3133
Call : (0271) 644268
Email : customerservice@orimax.co.id

HEAD OFFICE

PT. Aston Graphindo Indonesia
Jl. Ir. Juanda No. 302, Surakarta,
Jawa Tengah, Indonesia 57125