FB   TWITTER   G+   LINKEDIN   YOUTUBE

Menyikapi 2 hal mendasar dalam bisnis, Perkembangan Pasar dan Pengembangan Pasar

Posted by : ORIMAX

Menyikapi 2 hal mendasar dalam bisnis, Perkembangan Pasar dan Pengembangan Pasar
Menyikapi 2 hal mendasar dalam bisnis, Perkembangan Pasar dan Pengembangan Pasar

Dua poin tersebut adalah hal yang niscaya dilakukan oleh perusahaan. Eksistensi sebuah perusahaan benar-benar memiliki ketergantungan yang tinggi terhadap dua hal tersebut. Dinamika atau perkembangan pasar harus selalu diperhatikan, perusahaan harus selalu update dengan kondisi pasar terkini. Perusahaan dapat merespon perkembangan pasar dengan membuat strategi dan pelaksanaan tepat. Apabila perusahaan tersebut mampu menyesuaikan diri maka dapat terus eksis. Sedangkan perusahaan yang tidak dapat merespon atau menyesuaikan diri akan mengalami hal sebaliknya, yakni sebuah krisis. Untuk dapat keluar dari permasalahan tersebut diperlukan sosok pemimpin yang memiliki pandangan yang komprehensif dan analisis yang tajam baik faktor internal dan eksternal. Pemimpin tersebut dapat membuka diskusi dengan para staf untuk mendapatkan seluruh data, informasi serta analisis dari apa yang terjadi sebenarnya. Selanjutnya ketajaman dalam berpikir yang dimiliki oleh pemimpin akan membantu dalam pengambilan keputusan. Dengan sinergi tersebut sebuah perusahaan akan mengetahui dengan jelas upaya apa yang harus dilakukan untuk mengikuti perkembangan dan mengembangkan pasar.

Pengembangan pasar paling tidak memiliki dua tujuan yakni pertama, secara praktis untuk meningkatkan omset penjualan dan kedua adalah untuk meningkatkan brand awareness / popularitas produk. Pengembangan pasar dapat dilakukan dengan tetap menggali pasar utama, namun tidak menyia-nyiakan peluang pasar lain atau yang ada di luar pasar utama. Semisal, pangsa pasar utama sebuah produk adalah instansi pemerintah, perusahaan dapat melakukan starategi dengan tetap terus menggali pasar instansi pemerintah sambil mengeksplor pasar corporate, sekolah, penggunaan personal dan lain-lain. Intinya setiap bisnis terus berkembang mengikuti pasar bukan berfikir sebaliknya karena pasar terus berubah menyesuaikan permintaan dan kebutuhan konsumen. Kita semua mengetahui bagaimana sungguh perkasanya brand handphone Nokia, sejak akhir tahun 90an hingga sekitar tahun 2007 adalah pengusa “monopoli’ pasar pengguna handphone di Indonesia. Namun karena egonya dan kurang dapat mengembangkan dan mengikuti pasar, kini Nokia kalah jauh dengan brand atau merk handphone yang lain. Hal-hal inilah yang harus menjadi perhatian dalam bisnis, jika tidak Anda akan menjadi cerita saja dibenak konsumen.

Perkembangan pasar
Berikut adalah perkembangan atau dinamika pasar secara general :

  1. Semakin banyaknya kompetitor yang menjual produk serupa dan memasarkan dengan pasar utama yang sama.
  2. Upaya-upaya yang dilakukan kompetitor seperti negosiasi harga / harga tidak stabil, bundling produk lain, paket full servis, dukungan after sales dll telah memunculkan komodifikasi produk yang mampu mengcover semua kebutuhan customer. Akhirnya, semakin lengkap dan canggih bentuk komodifikasi produk akan semakin membuat customer tertarik. Dalam hal ini kami mengambil contoh yang sangat sukses adalah Telkomsel.
  3. Sistem pengadaan yang berubah atau bertambah. Sebelumnya kita mengenal pengadaan dengan sistem jual beli putus ataupun kontrak antara sales dan penanggung jawab dari pihak customer. Kini, sistem pengadaan lelang telah semakin banyak digunakan, bahkan untuk skala pengadaan yang besar. Bila konsumen Anda pemerintahan LKPP adalah lembaga yang memiliki legalitas untuk mewujudkan pengadaan langsung. Setiap detail harus dicermati sehingga semua sudah ada solusi ketika sebuah permasalahan muncul.
  4. Branding produk, logika dasar bagaimana customer memutuskan untuk memilih produk adalah customer mengenal produk, mengetahui kualitas dan keunggulan produk, dan mempercayai produk. Untuk dapat dikenal, diketahui kualitas dan keunggulan dan dipercayai harus ada program peningkatan brand awareness yang dapat berupa kampanye digital (sosmed&web), pameran, visit customer, dan iklan.
  5. Arogansi Digital Media, Indonesia semakin modern begitu juga konsumennya bila Anda tidak bergegas ke arah digital bisa dipastikan lambat laun bisnis Anda akan tertinggal. Bank saja sekarang terus berevolusi serba digital mulai dari Online banking, Creditcard online applying, klikpay dll. Konsumen sekarang sudah pandai, orang mau beli pulsa saja tinggal klik di ecommerce, mau beli apa saja sekarang pandai membandingkan harga di Toped, BL, Lazada dll. Digital adalah masa depan jangan sampai bisnis Anda tertinggal disini.

Pengembangan Pasar

Untuk memenangkan persaingan di pasar utama sebuah produk harus menjadi paling populer atau paling tinggi brand awareness nya. Sebuah produk harus dikenal sebagai produk yang berkualitas, memiliki citra positif, dan dapat dipercaya. Hal- hal tersebut sejatinya tidak langsung terjadi begitu saja, melainkan melalui sebuah proses yang tidak singkat. Maka, hal yang dapat dilakukan sekaligus adalah menggali pasar utama sekaligus mengembangkan ke pasar yang lain.

Salah satu cara peningkatan brand awareness adalah terus mengembangkan pasar. Semakin berkembang pasar yang dimiliki, smakin banyak yang mengenal dan mengetahui produk tersebut dan akhirnya dapat semakin meningkatkan brand awareness. Jika sudah begitu brand sebuah produk yang tinggi akan selalu menjadi opsi awal calon customer untuk menentukan pilihan. Dengan tambahan startegi seperti kemudahan pembelian maka calon customer dapat didorong untuk memilih produk kita.

Jika perusahaan anda sudah dapat mengikuti perkembangan pasar dan juga telah melakukan pengembangan pasar maka, kedepan hanya harus terus melakukannya dan bersiap menghadapi dinamika pasar yang lain. Namun, bagi anda yang berkerja di perusahaan yang belum melakukan hal tersebut jika anda mendapati tanda seperti penurunan omset, customer yang membandingkan dengan produk kompetitor maka sudah saatnya anda menyampaikan pentingnya mengikuti perkembangan pasar dan melakukan pengembangan pasar.
??
Demikian semoga bermanfaat.
Credit : Marketing Orimax
 




DAFTARKAN EMAIL KAMU
UNTUK PROMO & BERITA TERBARU



CUSTOMER SERVICE

Whatsapp : 0821 3801 9759
Call : (0271) 644268
Email : customerservice@orimax.co.id

HEAD OFFICE

PT. Aston Graphindo Indonesia
Jl. Ir. Juanda No. 302, Surakarta,
Jawa Tengah, Indonesia 57125