FB   TWITTER   G+   LINKEDIN   YOUTUBE

Mengendalikan Biaya Operasional Yang Lebih Efisien

Posted by : ORIMAX

Mengendalikan Biaya Operasional Yang Lebih Efisien
Mengendalikan Biaya Operasional Yang Lebih Efisien

Strategi perencanaan yang tepat merupakan salah satu kunci keberhasilan operasional sebuah bisnis. Termasuk juga dalam strategi penggunaan dana. Anda perlu menggunakan strategi yang tepat agar setiap biaya yang Anda keluarkan dapat dimanfaatkan seoptimal mungkin. Saat ini, hampir setiap lingkup kerja mencari cara baru untuk mengendalikan biaya operasional yang lebih efisien, Baru kita sadari area yang sering terabaikan adalah masalah percetakan dokumen dan alat penunjangnya. Ini sulit dikendalikan, karena kebutuhan cetak cenderung tersebar diberbagai departemen sehingga sangat sulit disederhanakan.

Di sebuah perusahaan, perangkat printer merupakan salah satu komponen yang membutuhkan biaya operasional yang cukup besar. Berdasarkan sebuah riset dari Gartner, sebuah perusahaan membutuhkan biaya 5% dari total budget TI yang tersedia untuk mengelola printer-printer yang ada di dalam perusahaan tersebut.

Biaya mengelola printer di perusahaan

Komponen biaya yang diperlukan untuk mengelola printer tersebut meliputi pembelian printer, pembelian komponen pendukungnya seperti tinta atau toner, serta biaya pemeliharaan (maintenance). Jika ditotal, seluruh total biaya tersebut dapat menelan dana dalam jumlah yang besar apabila tidak dikelola dengan baik.

Sayangnya, tak banyak perusahaan yang benar-benar dapat menghitung dan melacak biaya cetak dan kepemilikan printer di lingkungan kantornya. Hal ini dapat menimbulkan biaya-biaya yang tak terduga yang dapat mengganggu operasional perusahaan, termasuk mengurangi pendapatan.

Managed Print Service

Untuk mengurangi pengeluaran dalam membeli dan mengelola printer, Menurut Gartner menyarankan agar perusahaan memilih outsourcing dengan layanan managed print service. Dengan perhitungan biaya menggunakan cost per page (biaya per halaman), perusahaan dapat menghitung total biaya yang dikeluarkan untuk setiap tahunnya berdasarkan estimasi penggunaan printer di perusahaan. Layanan ini menghilangkan kewajiban perusahaan untuk membeli printer serta perangkat pendukungnya serta layanan kontrak servis.

Dengan layanan managed print service, perusahaan hanya perlu membayar dalam nilai tertentu untuk dapat mencetak sejumlah halaman yang telah ditentukan. Printer serta perangkat pendukung lainnya telah disediakan oleh penyedia layanan sehingga perusahaan tidak perlu lagi membeli printer. Dengan begitu perusahaan dapat mengurangi total biaya kepemilikan printer dan mengalihkan dana tersebut untuk sumber daya lain yang lebih strategis dalam menyumbang produktivitas perusahaan.

Tentu saja strategi outsourcing ini tidak bisa diterapkan untuk seluruh perusahaan. Jika perusahaan Anda memang masih memiliki kebutuhan untuk memiliki dan mengelola printer sendiri, maka strategi outsourcing mungkin tidak cocok untuk Anda. Jika tidak, mungkin strategi tersebut bisa membantu Anda dalam mengelola printer agar lebih efisien sekaligus menghemat biaya.

 

 

 

 

https://www.bizzy.co.id/blog/index.php/2017/10/25/efisiensi-pengelolaan-printer-di-perusahaan-untuk-penghematan-biaya/




BACA BERITA LAINNYA
DAFTARKAN EMAIL KAMU
UNTUK PROMO & BERITA TERBARU



CUSTOMER SERVICE

Whatsapp : 0821 3801 9759
Call : (0271) 644268
Email : customerservice@orimax.co.id

HEAD OFFICE

PT. Aston Graphindo Indonesia
Jl. Ir. Juanda No. 302, Surakarta,
Jawa Tengah, Indonesia 57125