FB   TWITTER   G+   LINKEDIN   YOUTUBE

Memahami Standar ISO Jumlah Cetak / Page Yield Cartridge Toner

Posted by : ORIMAX

Memahami Standar ISO Jumlah Cetak / Page Yield Cartridge Toner
Memahami Standar ISO Jumlah Cetak / Page Yield Cartridge Toner

Membeli Cartridge Toner untuk printer laser sebaiknya memperhatikan standar hasil cetak. Kemampuan menghasilkan Standar hasil cetak secara umum disebut juga sebagai pageyield Cartridge. Alasan utama mengapa pageyield dari sebuah Cartridge penting adalah terkait dengan kualitas dan kuantitas yang mampu di hasilkan. 
 
1. Page Yield
Page Yield adalah jumlah halaman yang tercetak dari satu Cartridge Toner. Hal tersebut berguna untuk mengetahui berapa banyak halaman yang dapat dicetak. Dengan mengetahui jumlah Page Yield kita juga dapat mengetahui harga cetak perhalaman dari sebuah Cartridge Toner. Namun perlu diketahui pemakaian Cartridge Toner oleh masing-masing user kemungkinan akan mendapatkan jumlah Page Yield yang berbeda-beda. Ada banyak faktor ataupun kondisi lingkungan yang mempengaruhi jumlah halaman yang tercetak dari satu Cartridge. Terkait hal tersebut maka di buatlah ISO yang menjadi standar atau acuan cetak secara umum agar dapat di peroleh standar pageyield yang sama.
 
2. ISO Standard
Sebelumnya, kebanyakan perusahaan manufaktur printer ataupun Cartridge toner OEM menentukan sendiri standar jumlah halaman cetak dari satu unit Cartridge Toner. Hal tersebut dilakukan berdasarkan cakupan cetak cover area 5% dengan kertas A4. Kini, Seiring perkembangan teknologi dunia percetakan perusahaan manufaktur printer dan Cartridge Toner melakukan upaya baru. Perusahaan Manufaktur Printer dan Cartridge menggunakan standar ISO untuk pengujian jumlah & hasil cetak dari Cartridge Toner. Hasil pengujian tersebut yang akan di publikasikan ke berbagai pihak.
 
3. Standar ISO Page Yield ORIMAX
PT.AGI menggunakan ISO/IEC 19752 untuk menguji Kualitas dan Kuantitas Page Yile yang di dapatkan. standar ISO/IEC 19752 menguji hasil cetak Cartridge monochrome. Standar pengujian Cartridge monochrome berupa file PDF yang mewakili area cetak sebesar 5% perhalaman. Kemudian dengan file PDF tersebut dilakukan proses cetak berulang - ulang hingga Toner pada Cartridge habis.
 
Sedangkan untuk Cartridge color ada standar tersendiri. Cartridge colour atau warna terdiri dari 3 Cartridge yaitu CMY pengujiannya menggunakan ISO/IEC 19798 filenya terdiri dari 5 lembar berupa campuran teks, grafis & halaman cover area 20%. Prinsip kerjanya sama dengan pengetesan pada Cartridge monochrome yaitu Cartridge CMYK tersebut di gunakan untuk mencetak 5 lembar halaman tersebuthingga Cartridge Tonernya habis.
 
 
 
4.Jaminan Standar Page Yield ORIMAX
Faktor utama yang menjadikan hasil cetak sebuah Cartridge Toner ORIMAX dapat mencapai Standar ISO, bahkan dapat melebihnya adalah pembuktian melalui pengujian. Berdasarkan pengujian dengan standar ISO/IEC 19752 dan ISO/IEC 19798. ORIMAX terbukti dapat mencetak hingga Toner habis dan menghasilkan kualitas dan kuantitas yang sesuai standar, bahkan melebihinya.
Namun, berbeda hal jika Cartridge Toner tersebut di gunakan oleh berbagai macam user dengan cara cetak, media kertas dan cover area cetak yang berbeda. Kemungkinan halaman cetak yang dihasilkan pastinya akan berbeda-beda. File PDF dari tandart ISO/IEC 19752 dan ISO/IEC 19798 adalah sebagai acuan untuk mendapatkan jumlah halaman cetak yang standar sesuai manufaktur OEM baik monochrome ataupun colour.
Berkaca dari pengalaman customer yang bervariasi tersebut PT.AGI mengembangkan metode penambahan Toner 10% agar berbagai variable yang mempengaruhi hasil cetak dari setiap customer dapat tercover sehingga mencapai Page Yield standar atau paling tidak mendekati Page Yield Cartridge OEM.
 
Bila Anda sulit memahami hal teknis tersebut, contoh mudahnya :
Anda membeli Orimax 80A untuk printer Laser HP Pro400, di keterangan tertulis untuk 2700 pageyield, benarkah pageyield tersebut bisa Anda capai untuk kebutuhan cetak Anda? Ya bisa bila rata-rata kebutuhan cetak Anda 5% dari area kertas. Namun jika cetak Anda di penuhi gambar atau blok warna tentunya pageyield 2700 lembar tersebut tidak akan tercapai. Mengapa cuma 5%? karena itu sudah menjadi standar internasional dan sudah diuji bahwa kebutuhan cetak dokumen perkantoran adalah 5% dari area kertas.
Untuk cetak warna standarnya 20% dari area kertas dengan penjelasan sama seperti di atas.




DAFTARKAN EMAIL KAMU
UNTUK PROMO & BERITA TERBARU



CUSTOMER SERVICE

Whatsapp : 0853 2573 3133
Call : (0271) 644268
Email : customerservice@orimax.co.id

HEAD OFFICE

PT. Aston Graphindo Indonesia
Jl. Ir. Juanda No. 302, Surakarta,
Jawa Tengah, Indonesia 57125