FB   TWITTER   G+   LINKEDIN   YOUTUBE

HUT RI Ke 72, Jadikan Produk Dalam Negeri Sebagai Prioritas

Posted by : ORIMAX

HUT RI Ke 72, Jadikan Produk Dalam Negeri Sebagai Prioritas
HUT RI Ke 72, Jadikan Produk Dalam Negeri Sebagai Prioritas

Gerakan Mencintai Produk Lokal sudah puluhan tahun didengungkan. Kampanye melalui berbagai media dan gelaran acara pun sudah berkali-kali dilaksanakan. Namun kenyataan saat ini masih sangat sedikit produk dalam negeri yang menjadi pilihan utama sekaligus kebanggaan warga negara Indonesia. Bertepatan dengan akan menginjaknya usia Republik Indonesia yang ke 72 melalui tulisan singkat ini kami dari Orimax akan mengajak para pembaca untuk memahami persoalan tersebut dan memberikan sudut pandang alternatif untuk meresponnya.
 
Bagaimana produk asing telah menguasai pasar di Indonesia dapat kita ketahui dengan memperhatikan perkembangan teknologi dan informasi yang terjadi. Di era awal kemerdekaan hingga tahun 1980 an masyarakat di indonesia betul-betul hanya menjadi konsumen atau pangsa pasar untuk produk-produk dari perusahaan asing. Selanjutnya di tahun 1980 an akhir hingga tahun 1990 an telah banyak perusahaan lokal yang lahir dan memproduksi berbagai macam produk, mulai dari makanan, minuman, pakaian, bahkan elektronik dan otomotif. Kemudian semenjak era milenium atau zaman globalilsasi perkembangan teknologi informasi seolah melakukan lompatan besar. Produk teknologi informasi seperti handphone, laptop dan internet telah memudahkan terjadinya komunikasi. Dampak selanjutnya adalah terbukanya pintu pasar bebas atau persaingan usaha antar perusahaan dalam negeri dan perusahaan asing. Namun, selain bersaing antara perusahaan dalam negeri dan perusahaan asing juga memiliki hubungan kerjasama. Perusahaan asing yang mendirikan pabrik dan memasarkan produknya di Indonesia sering terlibat kerjasama dengan perusahaan lokal dalam hal penyediaan bahan baku lokal ataupun tenaga kerja. Sedangkan perusahaan dalam negeri juga banyak yang mendatangkan material produk dari perusahaan asing, terutama untuk produk elektronik dan otomotif.
 
Memang pesatnya perkembangan teknologi informasi telah memberikan kemudahan bagi seluruh masyarakat, produk Teknologi terbaru semakin cepat didistribusikan ke seluruh pasar dunia. Indonesia dengan jumlah penduduk lebih dari 250 juta menjadi target pasar bagi perusahaan perusahaan besar di dunia. Menanggapi hal tersebut setidaknya kita harus memiliki respon yang tepat terhadap dua hal. Pertama sebagai pribumi kita harus mampu membawa perusahaan lokal untuk bersaing dengan perusahaan asing. Kedua sebagai pribumi kita harus selektif untuk memilih produk yang kita konsumsi. Jika ada produk dalam negeri yang kualitasnya terbukti, sewajarnya kita menjadikannya produk tersebut sebagai pilihan utama. 
 
Hal yang patut kita renungkan adalah sudahkan kita bangga memakai produk Indonesia? Memang harus diakui tidak semua berkualitas sesuai yang diharapkan namun setidaknya kita harus selektif dengan produk yang akan kita pakai karena cukup banyak produk Indonesia yang mempunyai kualitas kelas premium. Masyarakat Indonesia cenderung konsumtif dan mudah dipengaruhi kampanye-kampanye produk asing sehingga trust kepada produk Indonesia masih rendah. Saatnya kita harus mendukung produk-produk buatan dalam negeri.    
      
 
Sebuah informasi untuk anda bahwa sejak tahun 2006 PT. Aston Graphindo Indonesia telah berkomitmen untuk fokus dalam memproduksi Cartridge toner printer laser. Saat ini PT Aston Graphindo Indonesia memproduksi Cartridge toner dengan sistem manufaktur dengan standar ISO/IEC 19752. Produk yang dihasilkan telah melalui pemilihan Part atau material terbaik, dan proses produksi menggunakan alat yang canggih yang dikerjakan oleh SDM yang kompeten dan berpengalaman. Anda penasaran, silahkan menghubungi customer support untuk mendapatkan informasi lebih lanjut. 
 




DAFTARKAN EMAIL KAMU
UNTUK PROMO & BERITA TERBARU



CUSTOMER SERVICE

Whatsapp : 0853 2573 3133
Call : (0271) 644268
Email : customerservice@orimax.co.id

HEAD OFFICE

PT. Aston Graphindo Indonesia
Jl. Ir. Juanda No. 302, Surakarta,
Jawa Tengah, Indonesia 57125