FB   TWITTER   G+   LINKEDIN   YOUTUBE

Digital adalah ancaman sekaligus peluang ( bagian 2 ) Terusiknya Raksasa Google

Posted by : ORIMAX

Digital adalah ancaman sekaligus peluang ( bagian 2 ) Terusiknya Raksasa Google
Digital adalah ancaman sekaligus peluang ( bagian 2 ) Terusiknya Raksasa Google

Dunia digital dan Marketing online terus berevolusi, sosial media menjadi tren dan banyak digunakan tidak hanya perusahaan-perusahaan tetapi juga bagi usaha kecil-kecilan seperti usaha rumahan. Bahkan perusahaan yang sudah besar bahkan mengglobal pun juga memanfaatkan efek dari sosial media untuk lebih dekat dengan konsumen dan memberikan informasi seputar produk dengan lebih mudah. Sekarang ecommerce mulai memunculkan taringnya di pasar digital hal ini bisa anda baca di bagian 1. Hal ini bisa kita juga lihat dimana orang-orang terkaya di Indonesia semakian banyak yang bermain di bisnis ini.

Ada hal menarik dari beberapa artikel yang saya baca di https://techcrunch.com dan https://id.techinasia.com sebuah riset dimana trend searching market mulai beralih yang dulunya memakai Google search sekarang mulai ke situs e-commerce. Di China bahkan sangat signifikan dengan penurunan mencapai 70% karena user lebih memilih menggunakan Alibaba sebagai media search engine dalam mencari produk. Di Indonesia sebagai market yang sangat potensial (sudah saya singgung di bag.1) tentunya juga mengalami trend seperti ini bagaimana orang-orang sudah mengisi Smartphone dengan berbagai macam aplikasi e-commerce. Kita sebenarnya mungkin juga melakukan itu karena saya sendiri juga menyadarinya dulu mau beli apa riset dulu di Google sekarang buka Aplikasi klik kemudian filtering belum nanti kita compare hasilnya antar e-commerce tentunya semakin meyakinkan. Disinilah posisi konsumen adalah raja, e-commerce itu penuh kemudahan, penuh diskon, duitnya aman, banyak sekali daya tawar mereka.



Mungkin inilah yang sedikit mengusik raksasa Google (tapi ini hanyalah sebuah opini saya pribadi dan dengan dasar beberapa artikel yang saya baca) karena banyak sekali gebrakan yang Google lakukan. Buat saya ini saya katakan “sedikit mengusik” karena menurut saya Google adalah Google, Raksasa yang sulit tergeser. Ada hal yang sebenarnya tidak kita sadari adalah google mulai iklan. Sadar gak? Inget dong iklan seorang preman anak motor yang terngiang-ngiang lagunya Anji Cinta dia, iklannya yang menurut saya keren banget (iya pasti kan agencynya bayarannya gede banget). Ini menurut saya langka, bagaimana Google sebagai raksasa dunia digital dan sarana iklan memutuskan iklan di Indonesia dengan media televisi. Tentu bukan sembarangan mereka memutuskan ini. Google selalu melakukan dengan penuh riset dan perhitungan, tidak mungkin mereka hanya sekedar eksis dan buang-buang duit.

Untuk sampai sekarang ini Google masih menjadi raja di market digital dan yang mendekati hanyalah facebook namun trend pasar terus berubah sehingga bisa terjadi sesuatu begitu cepat. Hal ini yang mungkin disadari Google sehingga mereka terus berbenah. Bisa juga mungkin keluar ecommerce versi Google hehe.. Kita tunggu perkembangan dunia digital selanjutnya di bagian 3 yaa

Salam Orimax




DAFTARKAN EMAIL KAMU
UNTUK PROMO & BERITA TERBARU



CUSTOMER SERVICE

Whatsapp : 0821 3801 9759
Call : (0271) 644268
Email : customerservice@orimax.co.id

HEAD OFFICE

PT. Aston Graphindo Indonesia
Jl. Ir. Juanda No. 302, Surakarta,
Jawa Tengah, Indonesia 57125