FB   TWITTER   G+   LINKEDIN   YOUTUBE

ABOUT CHIP CARTRIDGE, KECIL NAMUN KRUSIAL UNTUK CETAK ANDA

Posted by : ORIMAX

ABOUT CHIP CARTRIDGE, KECIL NAMUN KRUSIAL UNTUK CETAK ANDA
ABOUT CHIP CARTRIDGE, KECIL NAMUN KRUSIAL UNTUK CETAK ANDA

Kenapa cartridge yang tebaru saat ini walaupun sama bentuknya tapi jika di gunakan untuk printer yang sama tetap tidak bisa digunakan? Mungkin para pembaca banyak yang penasaran. Kali ini Orimax akan membeberkan penjelasan terkait hal tersebut.
 
Setiap produk cartridge toner printer laser saat ini sudah di sematkan smart chip canggih. Chip adalah perangkat yang mendukung instalasi cartridge toner pada printer. Ada beberapa Fungsi dari chip. Salah satunya adalah Memiliki kemampuan untuk memberikan informasi seri cartridge sehingga printer mengetahui bahwa cartridge yang terinstal sudah sesuai tipe dan serinya. Bentuk chip yang biasanya kecil dan agak mirip antara chip satu dan lainnya sering kali membuat orang awam mengira sebuah chip dapat digunakan di semua toner. Namun sesungguhnya tidak demikian, tidak semua chip dapat dipasang di semua cartridge yang mempunyai model atau bentuk yang sama. Bentuk chip memang cukup kecil, namun memiliki kapasitas untuk menampung data-data yang berguna. Selain untuk Menginfomasikan seri cartridge yang terpasang, Chip juga memberikan pemberitahuan sisa toner dan jumlah halaman yang telah tercetak. Jadi berhati-hatilah jika Anda menggunakan toner cartridge abal-abal maka Anda bisa juga tertipu dari data chip tersebut. 
 
 
Sebagai contoh seri Fujixerox C3300 dengan C2100, keduanya menggunakan cartridge yang dari segi bentuk sama, bahkan letak posisi chip dicartridgenya juga sama. Namun, jika cartridge di kedua printer tersebut ditukar, pasti lampu indikatornya berkedip. Kemudian displaynya menginformasikan untuk memasukan cartridge padahal sudah di pasang cartridge yang sama, namun memang chip yang disematkan pada cartridge berbeda. 
 
Didalam Chip memang sudah di tentukan jumlah lembar yang mampu di cetak berdasarkan standar page yield. Akan tetapi penggunaan printer yang menentukan secara pasti jumlah halaman yang mampu dicetak. Hal tersebut dikarenakan jumlah lembar yang ditentukan oleh cip menggunakan standar area 5% atau dengan standart cetak ISO/IEC 19752 untuk mono dan ISO/IEC 19798 untuk color. Sedangkan penggunaan printer biasanya relatif fluktuatif area cover cetaknya sesuai kebutuhan user, baik untuk cetak warna maupun monokrom. Jika user melakukan cetak dokumen dengan cover area lebih dari 5% tentu saja chip akan menginformasikan kapasitas cetak lebih sedikit. Hal ini seringkali membuat user merasa toner cepat habis padahal mereka memang melakukan cetak yang cover area yang lebih dari 5 %. 
 
Chip microprocessore memiliki kelemahan yaitu rentan terhadap electrostatis yang bisa menyebabkan chip short / konsleting sehingga mati atu tidak bisa digunakan kembali maka dari itu berikut kami informasikan cara handling chip pada cartridge
  • Jangan buka atau melepas cover chip sebelum benar-benar akan di gunakan
  • Pastikan tangan anda tidak menyetuh chip secara langsung karena pada tubuh manusia mengandung elektrostatis yang disebabkan oleh gesekan pada anggota badan.
  • Jangan meletakan chip di atas meja yang mengandung logam
  • Jangan menggunakan kompresor atau vakum dalam membersihkan chip karena alat tersebut mengahsilkan elektrostatis sehingga bisa terjadi short/ konlset.

Demikian semoga bermanfaat, Orimax Cartridge best for your printer laser!




DAFTARKAN EMAIL KAMU
UNTUK PROMO & BERITA TERBARU



CUSTOMER SERVICE

Whatsapp : 0853 2573 3133
Call : (0271) 644268
Email : customerservice@orimax.co.id

HEAD OFFICE

PT. Aston Graphindo Indonesia
Jl. Ir. Juanda No. 302, Surakarta,
Jawa Tengah, Indonesia 57125